sekolah s2 di cardiff, inggris

September 2017 ini bersama LPDP saya ikut membangun negeri. Yakni berupa saya yang memulai sebuah perjalanan baru, yang mana adalah perkuliahan di sebuah kampus yang berperisa nanas berperingkat top 140 dunia (referensi) dan merupakan satu-satunya universitas dari Wales yang tergabung dalam Russell group.

Adalah sebuah Cardiff University, yakni kampus yang lucu dan imut serta asik untuk kita menuntut ilmu. Lucu karena dia memiliki nuansa bangunan yang tua tapi muda (didirikan tahun 1883, tapi baru berganti nama menjadi Cardiff University tahun 1999), imut karena meskipun dia gedungnya tidak besar tapi iconic, serta asik karena lokasinya berada di kota yang meskipun dia ini ibukota tapi dia tidak ramai bahkan cenderung sangat sangat sangat moslem friendly karena dalam satu blok area kampus bisa dijumpai ada 2-3 gadis manis anak pak haji masjid dan belasan gerai makanan halal.

kampus Cardiff University yang imut

kampus imut tersebut di atas, yang kalau di zoom sedikit, bisa jadi besar dan mengingatkan kita di mana syuting tv series Sherlock Holmes yang termahsyur itu pernah dilakukan.

Sherlock, dr Watson, dan Cardiff University

Oke, karena banyak yang berminat dan antusias (?) segera yuk kita mulai dengan sesi tanya jawab:

T: mas Dimsur kenapa milih kuliah di Cardiff?

J: lebih ke jurusannya sih ya. Cardiff University punya program computing dan security yang bagus. Ditambah di Cardiff sini akan dibangun Cardiff Cyber Security Center of Excellence hasil kolaborasi Cardiff University dan Airbus, menambah gaul per cyber security -an di sini. Tapi selain itu, ranking Cardiff University sendiri juga terbilang bagus. General rankingnya 140 dunia (2017 ini jadi 137 kalau gak salah). Tapi untuk research sendiri, Cardiff University rank nya top 5 UK. Bersanding bersama segitiga emas Oxford Cambridge dan London, Cardiff risetnya memberi impact yang besar buat kemajuan umat manusia. Jadi semakin mantap kan milih Cardiff dan bergabung dengan akademisi di sana.

Beberapa jurusan yang bagus rank nya dan populer di Cardiff: MBA, Arsitektur, Law, sama Physiotherapy

T: Kalau kotanya sendiri, Cardiff. enak gak sih buat tinggal?

J: Cardiff itu menurut saya pribadi sangat sangat mirip Yogyakarta. Sama-sama sebuah ibu kota dengan populasinya yang sekitar 300,000 an, dan 70,000 (sekitar 30%) nya adalah mahasiswa. Artinya apa? kemiripan lainnya pun mengikuti! kotanya hidup dengan berbagai aktifitas mahasiswa yang se-abrek, terus biaya hidup di Cardiff yang jelas tidak mahal untuk ukuran kota besar di Inggris mungkin ya karena banyak mahasiswa itu tadi. dan terakhir adalah kotanya yang moslem friendly. well, friendly untuk semua agama sih pada umumnya, karena di sini meskipun kota besar tapi di sini tidak ada rasis rasis. Kampung arab aja ada, belasan resto halal bejejer indah di daerah city road. Mesjid juga berdampingan dengan gereja. Aman damai lah pokoknya kota besar tapi kecil yang rukun. Dan paling membedakan, adalah county Wales yang berbeda dari county lain.

T: Apa yang membuat Wales berbeda dari County lain?

J: Tau prince Charles? princess Diana? yang dulu pewaris tahta kerajaan itu? mereka itu prince and princess of Wales, lho. (njuk terus ngopo, mz). Tau Gareth Bale? Ryan Giggs? mereka juga dari Wales. (haloooo?). Hehe, kemajemukan Cardiff sendiri yang membuat kota ini istimewa sih sebenernya. dan Wales punya Bahasa sendiri lho (seperti halnya county lain seperti irish atau Scottish), tapi Bahasa Wales masih dipakai 20% populasinya terutama di sekitaran utara dan barat. Contoh Bahasa wales nih: “how are you today?” menjadi “Sut wyt ti heddiw?” , itu sih kira-kira. well, not to mention the “dragons” are mostly originated from Welsh legend. (mae’r dreigiau yn deillio o’r chwedl Gymreig yn bennaf)

T: gak nonton sepakbola di Cardiff mas?

J: ahahah Cardiff tim bolanya bapuk, mz, naik turun terus dari premier league. seperti lagu itu.

ko tinggal turun naik, ko tinggal turun naik, ko tinggal turun naik turun naik trus

sekarang sih lumayan ada tetangga Swansea yang lagi di premier league, jadi kalau mau nonton ke sebelah sekitar sejam perjalanan pakai bis. ongkosnya juga murah sekitar 3-5 Poundsterling. Selain itu sih, Cardiff punya stadion besar (principality stadium). Mantap lah yoi. Beberapa final pertandingan besar baik sepak bola maupun rugby sering pakai stadion ini. Yang paling fresh final liga champion tahun 2017 kemarin ini, Juventus lawan Real Madrid di Cardiff.

saya dan principality stadium

T: mas kan muslim nih, kalo jumatan di Cardiff susah gak?

J: enggak beroh malah enak soalnya ada beberapa masjid (3 masjid) di sekitaran kampus. well, masjidnya kecil sih karena bangunannya sendiri bukan spesifik dibangun untuk difungsikan sebagai masjid. Tapi toh untuk di sebuah kota yang Muslim adalah minoritas, komunitas muslim sendiri di area kampus cukup banyak (ada kampung arab yang tadi saya cerita), jadi ibadah sangat mudah. di kampus juga ada quiet room, yang bisa difungsikan untuk ibadah semua agama.

T: terus kalo makanan-makanan halal dan non halal juga gimana? gampang dicari?

J: segampang membalikkan omelet telapak tangan mz. jual babi ya banyak, jual makanan halal ya banyak, grocery umum ya banyak, grocery khusus halal ya mudah ditemui juga. semua dalam jarak jalan kaki sekitar maksimal 25 menit. sangat sangat asoy.

T: liat dong mz kotanya d sana kayak gimana

J: nanti takasih liat di post berikutnya aja takasih foto-foto yak. sementara yang ada kayak gini kotanya Search Cardiff by Image

T: bagi tips dong mas biar bisa kuliah di sana juga

J: ada di halaman ini , di bawah bawah ada kok scroll aja terus turun.

T: Perbedaan dengan Indonesia apa sih yang mencolok mz?

J: hmmm.. kalau di kampus, yang jelas membedakan adalah kedisiplinan. sedikit plagiarisme saja, dari essay yang layak dapat 90 bisa langsung dapat 0. tanpa ampun. plagiarisme di sini misalnya, nulis ide yang didapat dari hasil riset / baca jurnal, tapi gk dicantumin referensinya. atau kita mengutip kerjaan kita sendiri yang dulu banget pernah kita kerjakan, tapi gak ditulis referensinya, atau tugas kita yang udah pernah dikumpulin terus dikumpulin ulang untuk tugas lain. jangankan untuk ngopi tugas orang atau ngopi beberapa line coding, yang begini saja sanksinya langsung berat. apalagi ngopi kerjaan temen atau sampai pada level yang tugas dikerjakan orang lain, selain dapat 0 juga langsung dikeluarkan dari kampus. plus sanksi imigrasi gakboleh masuk inggris lagi. Dan karena imigrasi inggris databasenya terekam dengan baik, sedikit masalah d sini bisa membuat ribet saat tahun2 berikutnya mau apply visa negara lain (australia, amerika, dll) pasti dipersulit karena ada track record yang jelek.

kalau di luar kampus, mungkin cuaca yang beda banget. Cardiff termasuk salah satu kota yang terhitung dingin di Inggris sini, plus letaknya yang di pinggir teluk, membuat Cardiff disebut kota yang basahhhh atau klomohhh atau becyekkss atau apapun istilah temen-temen semua. jam 10 pagi terang benderang, jam 10.20 tetiba hujan, jam 10.30 tetiba terang lagi. jam 11 gelap tapi gk hujan, terus sore hujan gerimis konsisten sampai malam. semacam itu lah.

T: Mahasiswa atau masyarakat Indonesia di Cardiff banyak gak?

J: Surprisingly not! (kagetnya enggak). dengan kota yang ramah muslim kayak gini, saya kira akan lebih banyak temen-temen dari Indonesia tapi ternyata enggak. well, buat kamu yang baca ini dan lagi cari arah tujuan mencari ilmu, ke sini aja. trust me the city is super awesome! and education is good too! ada sekitar 20-30 mahasiswa Indonesia di sini termasuk dependant mereka (anak dan pasangan), dan beberapa yang kerja d sini juga. Semuanya tergabung di PPI Wales yang guyub dan rukun sentosa. Acara Indonesia Society juga ramai secara regular diadakan. Badan boleh di Cardiff tapi jiwa tetap merah putih ya nggak berohhh?

T: kalau mau bawa keluarga buat hidup di sana sambil kuliah, gimana mz?

J: oh bisa pakai banget. buat keluarga juga enak lingkungannya. bahkan beberapa teman Indonesia d sini juga ada yang bawa anak dan istri/suami, terus melahirkan juga di sini. beberapa pengalaman yang disampaikan adalah tenaga medis di sini sangat friendly dan yang paling penting: GRATIS. ahahah. sebenernya sudah bayar sih bebarengan VISA , yang disebut dengan nama IHS. sehingga kita bisa dapat mostly medication free, kecuali beberapa yang tetap bayar dengan potongan health care, misalnya dental, dll. saya sendiri juga bawa keluarga kok. ini tips yang oke buat yang berencana berkuliah membawa keluarga: http://ppiuk.org/membawa-keluarga-ke-uk/

saya dan istri yang pasangan kuliah, beserta teman dan anak istrinya yang pasangan bekerja.

T: buat nambah penghasilan di sana, bisa kuliah sambil kerja di inggris gak sih mz?

J: bisa mbak/pak/bu/mas, sebagai student (visa tier 4), untuk kuliah sambil kerja ada batas parttime kerja maksimal 20 jam per minggu. bayarannya pun bervariasi, tapi minimum 7.5 poundsterling untuk usia di atas 25 tahun. Nah, sedangkan untuk dependant (keluarga yang ikut) bagaimana? you are free to apply for part time / full time job! tentunya sesuai terms and condition yaaa, beberapa kerjaan seperti sorting surat di kantor pos, cleaning service, dll bisa diapply dengan mengajukan NIN dan bikin UK bank account terlebih dahulu.

T: mz, capek

J: y

 

demikian posting sekilas kali ini, sampai jumpa di sekilas berikutnya manteman. Cheers!

PS: Beberapa tips buat temen-temen yang mau kuliah di inggris, secara umum syaratnya mirip-mirip yaitu: IPK 3,0 minimal kalau lulusan Indonesia. bisa juga di bawah itu tapi ditunjang pengalaman terkait yang cukup banyak, 2 surat referensi online biasanya dari dosen/professor ketika s1 dulu, lalu ielts yang umumnya 6.5. selain itu, syaratnya mungkin berbeda sedikit tapi masih bersama syarat utama seperti di atas. misalnya diminta mencantumkan CV, atau motivation letter, atau ada juga yang minta portfolio, dll.

Detail pengalaman saya pribadi kalau temen-temen ada yang mau tau akan saya share di post berikutnya. Tapi mempersingkat waktu, berikut link-link website yang bisa dipakai untuk mencari informasi (kurang lebih sama kok bermanfaat sekali):

beberapa referensi cara mencari LoA untuk kuliah di Inggris

Tips mendapatkan LoA di luar negeri

STEP BY STEP DETAIL MENDAPATKAN LOA UNIVERSITAS LUAR NEGERI by Kiky Edward

referensi cara mencari informasi beasiswa

Beberapa yang umumnya sepaket kita-kita mahasiswa apply , ada LPDP, Chevening, Erasmus, atau kalau yang bapak ibu PNS bisa melalui Spirit, atau beasiswa BUDI buat yang yth bapak ibu dosen, dan banyak lagi. Langsung meluncur ke website PPI-UK pak berooo, silahkan: http://ppiuk.org/panduan/beasiswa/

informasi dan pendaftaran di website chevening: http://www.chevening.org/

informasi dan pendaftaran mengenai LPDP: http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s